Bisnis Online dengan metode Blog Monetizing

Ini merupakan awal dari rangkaian tulisan tentang blog monetize yang mudah2an bisa selalu saya update. Blog monetize merupakan salah satu metode blogger dalam memberdayakan blognya untuk bisa menghasilkan sesuatu yang sangat berguna, dalam hal ini sebuah penghasilan (uang).

Ribut2 di jagat maya tentang bisnis online yang menjanjikan, bisa menghasilkan jutaan rupiah, bahkan ada yang berani gembar-gembor nyampe puluhan juta rupiah. Perlu saya sampaikan bahwa tidak semuanya benar, namun juga tidak semuanya salah.

Tidak semuanya benar : karena tidak setiap blogger memiliki pengetahuan, keterampilan, keseriusan, dan kedisiplinan dalam hal blogging secara merata. Penghasilan yang  diperoleh pun pastinya akan bervariatif.

Tidak semuanya salah : karena meskipun bisnis ini dilakukan di dunia maya, penghasilan bisa kita terima dan kita gunakan di dunia nyata. Jika sobat penasaran dengan bukti2nya, sebaiknya ikuti terus seri blog monetizing ini.

Dua buah istilah yang biasanya dipakai adalah Advertiser dan Publisher. Advertiser merupakan pihak yang menyediakan iklan dan akan membayar anda. Sedangkan Publisher adalah pihak yang akan menayangkan iklan (dalam hal ini adalah ANDA). Anda akan mendapatkan komisi dari Advertiser.

Ada berbagai cara dalam hal monetize blog, diantaranya :

  • PPC / Pay Per Click :

Sekilas mungkin kita sering menyebutnya dengan bisnis klik-klik. Metode ini dilakukan dengan cara menampilkan iklan milik sebuah broker iklan di blog kita, dan kita akan mendapatkan sejumlah komisi dari setiap klik iklan yang terjadi. Satu yang harus diingat, sobat diharamkan untuk mengklik sendiri maupun mengintervensi pihak lain untuk melakukan klik terhadap iklan tersebut

Salah satu PPC yang terkenal mungkin sering sobat dengar adalah Google Adsense. Ya, PPC milik Google ini memang masih menjadi favorit di kalangan blogger. Syarat2 untuk bisa mengikuti program Google Adsense ini lumayan ketat, sobat bisa pelajari terlebih dahulu mengenai Program Policies Google Adsense agar sobat tidak terjebak (account suspended/banned) karena kurang paham dengan Terms of Service mereka.

Sebenarnya tidak hanya Google Adsense yang bisa dijadikan lahan untuk mendulang penghasilan dari metode PPC ini, masih banyak alternatif lain selain Google Adsense. Diantaranya Bidvertiser, dan untuk lokalnya (Indonesia) lebih banyak pilihan lagi seperti Kumpulblogger, Adsensecamp, Kliksaya, PPCIndo dll.

  • Affiliasi / Pay Per Lead

Pay per Lead mungkin agak jarang terdengar, namun jika sobat paham dengan metode yang satu ini, pasti bakal ketagihan. Affiliasi /Pay per Lead mengharuskan anda untuk mampu menjual sesuatu kepada pengunjung, bisa berupa produk maupun jasa, tergantung dari penyedia (advertiser).

Komisi yang dihasilkan pun bervariasi, tergantung dari kebijakan advertiser (pengiklan), harga produk/jasa, dan konversi menurut perhitungan advertiser. Namun biasanya, komisi yang dihasilkan dari Pay per Lead ini lebih besar ketimbang Pay per Click diatas (relatif).

Beberapa program affiliasi yang terkenal diantaranya adalah Amazon, eBay, ClickBank, dan satu lagi yang menjadi favorit saya adalah Moreniche. Sobat bisa mempelajari sekilas program2 diatas dengan mengunjungi situs2 tersebut.

  • PTR / Paid to Review

Paid to Review mengharuskan sobat untuk melakukan review di blog sendiri maupun di situs pemilik iklan terhadap produk / jasa yang mereka tawarkan. Harganya sangat tergantung dari popularitas blog, kualitas review, dan kebijakan dari advertiser itu sendiri.

Jika review dilakukan di blog sendiri, biasanya advertiser mengharuskan sobat untuk memasukkan sebuah atau beberapa hyperlink serta anchor text yang sudah mereka tentukan menuju situs mereka dalam postingan review tersebut.

Beberapa program yang populer dalam bisnis Paid to Review ini adalah Sponsoredreviews, Blogsvertise, Buyblogreviews, Reviewme dll.

Namun perlu diketahui juga, bahwa search engine seperti Google kurang suka dengan situs yang mengikuti program Paid to Review ini. Resiko yang umum terjadi adalah penurunan Pagerank blog yang bersangkutan, meskipun Google sering menggembar-gemborkan Pagerank bukan segalanya, namun hal ini sangat berpengaruh terhadap SERP blog sobat di Google.  Hal ini dilakukan semata2 untuk menjaga kredibilitas hasil pencarian Google dalam memberikan hasil pencarian yang akurat. Pilihan tetap ada di tangan sobat :)

  • Sell Text Link

Mirip dengan program Paid to Review, program Sell Text Link (menjual iklan text link) juga bisa menghasilkan $$$ dari blog. Perbedaannya hanya terletak pada format. Jika Paid Review menyisipkan link pada postingan review, lain halnya dengan program yang satu ini.

Sell Text Link biasanya menyisipkan link advertiser di sidebar / widget menggunakan metode masing2 dari broker link. Biasanya ada code khusus yang harus sobat pasang di widget blog agar link advertiser bisa secara otomatis muncul. Komisi yang diterima sangat tergantung dari harga masing2 broker link dan jumlah link yang ada di widget tersebut.

Program sell text link yang lumayan populer diantaranya adalah Ask2Link, Backlinks, LinkWorth dan masih banyak lagi.

  • Paid to Click & Paid to Surf

Jika PPC membayar anda di setiap klik yang dilakukan pengunjung, maka PTC ini akan membayar di setiap klik yang dilakukan sobat sendiri dan anggota lain yang berada dibawah sobat. Untuk mengikuti program ini, sobat tidak memerlukan blog, karena klik dilakukan pada website broker iklan secara langsung.

Kuncinya : sobat harus giat mencari refferal untuk bisa sukses di program ini

Namun saya menyarankan pada blogger yang memiliki waktu terbatas untuk menghindari program seperti ini. Program seperti ini hanya akan membuang waktu sobat dengan komisi yang tak sebanding. Demikian halnya dengan Paid to Surf yang membayar anda disetiap pencarian melalui search engine yang sudah mereka tentukan. Saya tidak akan membahas tentang PTC dan PTS ini lebih lanjut.

Beberapa program diatas hanyalah sekian dari banyak metode yang digunakan dalam hal blog monetizing. Sebenarnya masih banyak lagi program lain yang biasa digunakan blogger untuk meraih penghasilan di internet, seperti misalnya membuat toko online sendiri yang sekarang marak di internet. Namun dari program tersebut diatas, mudah2an sobat sudah bisa merasakan nyatanya bisnis di dunia maya.

Pesan saya, jangan mudah tergiur dengan beberapa program yang menawarkan penghasilan sekian juta dalam waktu sekian hari atau sekian minggu. Tidak ada blogger yang kaya secara mendadak dari berbisnis online. Meskipun mereka menyebutkan caranya sangat mudah, dan bergaransi, namun tidak dipungkiri hal itu hanya permainan salesletter belaka. Mayoritas dari program ini hanya sebuah skema permainan uang  dan penuh dengan penipuan (scam).

Pahamilah bahwa sebuah pondasi bisnis harus dibangun dengan kuat, karena dari pondasi itulah bisnis anda bisa tumbuh dan berkembang. Bisnis di internet tidak seperti sobat makan cabe, sekarang makan sekarang terasa pedasnya. Perlu waktu agar sobat bisa mencapai tujuan sobat dalam mendapatkan penghasilan dari internet ini.

money money money

Comment using your Facebook

Baru ada 15 respon di tulisan “Bisnis Online dengan metode Blog Monetizing

  1. “Perlu waktu agar sobat bisa mencapai tujuan sobat dalam mendapatkan penghasilan dari internet ini.”
    setuju mas.. gak ada bisnis online yang langsung kaya dalam sekejap.. kalau nemuin bisnis kayak gitu.. sudah pasti scam :D

  2. maaf, bertanya nih!usaha apa yang bisa dilakukan dengan blog wordpress saya ?lengkap dengan langkah-langkahnya yang detail dan mudah dimengerti. maklum agak tua tapi rada semangat.trims sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Pingback: Mending Bisnis Online atau Bisnis Nyata? | sang saka