Cara Install Plugin WordPress

Sebelumnya sobat udah paham dengan aturan main sebelum nginstall plugin, dan sobat juga sudah baca tentang plugin apa saja yang sebaiknya diinstall pada blog sobat. Harap diperhatikan bahwa plugin2 yang saya sebutkan tersebut tidak mutlak untuk sobat install, sobat bisa menghilangkan beberapa plugin yang mungkin sobat anggap tidak perlu untuk diinstall. Sekarang tiba saatnya sobat untuk nginstall plugin yang sobat butuhkan.

Langkah2 menginstall plugin WordPress :

  1. Login ke dashboard blog sobat
  2. Masuk ke menu Plugins > Add New dan sobat akan melihat halaman seperti berikut :
  3. Ada beberapa menu yang bisa sobat liat, Search – Upload – Featured – Populer – Newest – Recently Updated. Silakan sobat liatin tiap menunya.
  4. Kalo udah ketemu salah satu plugin yang sobat harapkan. Klik Install di sebelah kanan plugin yang bersangkutan, dalam contoh ini saya nginstall plugin Google XML Sitemap.
  5. Sobat akan melihat sebuah halaman popup seperti berikut yang berisi tentang informasi dari plugin yang akan diinstall. Sobat bisa liat mengenai Author, Last Update, butuh WordPress versi berapa, kompatibilitas, dan popularitas dari plugin tersebut. Klik saja “Install Now“:
  6. Seterusnya sobat akan menemukan halaman untuk mengaktifkan plugin tersebut, klik saja Activate Plugin.

Sampe sini sobat udah berhasil menginstall plugin, namun kudu diperhatiin bahwa gak setiap plugin serta merta bekerja setelah diaktifkan. Ada beberapa plugin yang harus diperlakukan secara khusus, artinya sobat perlu action tambahan untuk membuat plugin itu bekerja. Sobat bisa pelajari cara instalasi plugin yang bersangkutan untuk lebih jelasnya. Yang saya sajikan disini hanyalah sebagai standar awal dalam menginstall plugin WordPress.

Comment using your Facebook

Baru ada 8 respon di tulisan “Cara Install Plugin WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Pingback: Cara membuat Favicon blog Wordpress | Tutorial Blog Wordpress

  2. Pingback: Cara membuat Sitemap Wordpress | Tutorial Blog Wordpress

  3. Pingback: WP-Pagenavi – Plugin Navigasi Paging Wordpress | Tutorial Blog Wordpress

  4. Pingback: Favicon di Wordpress «