Cara Membackup Database WordPress

Sebelom ngalangkah lebih jauh – ini sebagai sebuah persiapan aja, siapa tau nanti blog sobat ada masalah… entah itu dengan tempat hosting ato mungkin juga gara2 script yang aneh, baiknya sobat secara rutin ngebackup database WordPress. Kegagalan teknologi bisa aja kejadian, dan ini perlu kita pahami dg upaya kita sendiri. Yap… backup database WordPress. Bahaya kalo ampe blog bermasalah trus kita gak punya backup databasenya, jerih payah nulis bisa ilang begitu aja.

Langkah2 yang perlu dikerjain buat ngebackup database WordPress adalah esbebe :

  1. Login ke cPanel hosting sobat, dan cari menu Database >phpMyAdmin
  2. Pilih Export yang ada di sebelah kanan cPanel phpMyAdmin tersebut (klik gambar untuk memperbesar)

Setelah sobat ngeklik tab export, akan muncul halaman yang serupa tapi tak sama seperti gambar dibawah ini, perlu diingat bahwa tampilan phpMyAdmin mungkin saja berbeda di setiap tempat kost sewa hosting :

  1. Pilih database yang mau di backup
  2. Pilih Opsi SQL
  3. Pada seksi Structure pilih seperti pada gambar, berikan tanda checklist ( √ ) sesuai dengan gambar
  4. Pada seksi Data juga demikian
  5. Begitu juga pada seksi Save as File seperti gambar di bawah ini, sobat bisa menggunakan format none maupun zip, setelah itu klik GO dan simpan file tersebut di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak2.

File yang udah disimpen tadi akan digunakan suatu saat nanti jika blog kita bermasalah. Yang harus diperhatikan adalah backup tersebut tidak turut ngebackup file ama folder, jadi seperti gambar dan file2 attachment gak akan dibackup. Sebaiknya sobat ngebackup file sama foldernya secara manual aja menggunakan software FTP Client. Untuk lebih jelasnya silakan pelajari di sini.

Comment using your Facebook

Baru ada 7 respon di tulisan “Cara Membackup Database WordPress

  1. dapat referensi baru ..
    Konon backup dari sini lebih ampuh harus hati2 jangan sampe tusbung koneksi kayaknya kang yah :) gak mau bersambung area ini jadi harus ngulang.
    hatur nuhun tutorialnya.
    Salam hangat selalu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Pingback: LeysBook Info » Akankah Hanya Berumur Setahun ?

  2. Pingback: Cara mengupgrade Wordpress secara otomatis | Tutorial Blog Wordpress