Cara membuat Sitemap WordPress

Cara membuat Sitemap WordPress memang tergolong mudah. E tau kenapa? Karena WordPress buanyak sekali pluginnya… Bentar dulu, sebelum membuat sitemap, kita mesti tau dulu fungsi dari sitemap itu sendiri. Kalo ditrenslet ke bahasa kita, sitemap berarti peta situs. Pastinya peta dibuat sebagai acuan agar para pengunjung tidak tersesat di blog kita… *kayak di utan aja tersesat*.

Yang perlu kita pahami adalah bahwa sitemap dibuat bukan hanya untuk pengunjung, tapi juga untuk crawler search engine… masalahnya, mereka gak punya mata hihihi… Jadi ada 2 tipe sitemap yang baiknya digunakan di blog, yang pertama untuk pengunjung yang berwujud “manusia”, yang kedua untuk pengunjung yang berwujud spiderman “spider/crawler” search engine tadi. Yang punya mata aja bisa nyasar, apalagi yang gak punya hihi…

1. Sitemap untuk pengunjung berwujud “manusia”

Untuk membuat sitemap ini, sobat bisa menggunakan plugin WordPress yang tersedia di gudang. Silakan sobat mencari plugin yang cocok – setelah itu install plugin tersebut, biasanya saya menggunakan plugin Dagon Design Sitemap Generator. Plugin ini akan membuat sitemap blog dan sobat bisa menampilkan sitemap tersebut pada halaman sitemap. contohnya jadinya sobat bisa liat disini

2. Sitemap untuk pengunjung berwujud “non manusia”

Beda pengunjung, maka beda sesajen hehehe… Gunakan plugin Google XML Sitemap Generator untuk membuat sitemap ini. Install seperti biasa dan aktifkan. Setelah itu sobat masuk ke menu Settings > XML – Sitemap dan klik Build Sitemap for the first time.  Dan sitemap akan dibuat dua macem, yang pertama sitemap.xml dan sitemap.xml.gz secara otomatis. Sitemap tersebut akan disimpan secara otomatis pada root directory blog. URLnya nanti akan berbentuk http://blogsobat.com/sitemap.xml, dan sitemap inilah nantinya yang akan dibaca search engine. Untuk contoh jadinya sobat bisa liat disini.

Nah sitemap ini akan bekerja secara otomatis setiap kita melakukan perubahan pada isi blog kita. Baik itu ketika membuat postingan baru, maupun mengedit postingan lama – terutama jika ada yang berubah dengan URL pada postingan yang bersangkutan.

Yah begitulah cara membuat sitemap WordPress, mudah pan? Untuk detailnya mudah2an saya bisa jelaskan di kemudian hari, sobat coba aja dulu nginstall dan coba untuk praktek, gak perlu takut salah ngeklik, yang penting kita mau belajar.

Comment using your Facebook

Baru ada 11 respon di tulisan “Cara membuat Sitemap WordPress

  1. Bagaimana cara membuat sitemap yang tampil di page mas agar sahabat bisa melihatnya.Termasuk membuat Archieves yang dipasang di page selalu terisi otomatis. Saya punya tetapi dibuatkan oleh maas Deka he he he
    Thanks

    Salam hangat dari BlogCamp yang saat ini sedang menggelar acara :
    1. ” Kontes Menulis Opini ”
    2. ”The Amazing Picture ”, dan
    3. ” The Twin Contest”
    4. “ Kontes Menulis Peribahasa “
    dalam rangka menyambut 1st BlogCamp’s Anniversary.
    Silahkan bergabung di BlogCamp dan raihlah hadiah yang menarik.

    Terima kasih

  2. I believe this is among the most significant information for me.
    And i’m satisfied reading your article. However want to statement on some bawic things, The site style is
    great, the articles iis really great : D. Excellent activity, cheers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *