Cara mengupgrade WordPress secara otomatis

Dari waktu ke waktu WordPress selalu melakukan perbaikan, baik dari keamanan maupun fiturnya. Untuk itulah pentingnya mengupgrade WordPress biar blog sobat gak jadul hehehe… Materi ini sebenarnya materi basi yang sudah sering dibahas di internet, namun saya sendiri masih saja menemukan pengguna yang was2 dengan urusan upgrade blog WordPress.

Langkah2 yang harus dilakukan untuk mengupgrade WordPress adalah :

  1. Login ke Dashboard blog WordPress sobat menggunakan akun sobat sendiri, niscaya kalo pake akun saya gak bakal bisa…
  2. Perhatikan pada halaman awal yang muncul ketika masuk Dashboard… WordPress secara otomatis akan memberikan notifikasi untuk upgrade jika WordPress yang sedang sobat gunakan tergolong jadul ato gak up to date… Notifikasi ini bisa ditemukan juga pada menu Tools > Upgrade. Jika tidak ada, berarti WordPress yang sedang digunakan sudah up to date.
  3. Selanjutnya klik saja yang mengandung tulisan “Update
  4. Setelah itu akan muncul sebuah halaman baru yang berisi pilihan untuk mengupgrade WordPress secara otomatis ato secara manual dengan mendownload terlebih dahulu WordPress versi terakhir. Karena ini tulisan bernada “otomatis”, maka klik saja “Upgrade Automatically” – Namun perlu diingat, setiap meng-upgrade WordPress sebaiknya Backup Database terlebih dahulu, hal ini sangat disarankan untuk mengantisipasi bilamana proses upgrade mengalami kegagalan. Kegagalan bisa saja terjadi, namun biasanya yang  sering menyebabkan kegagalan adalah ketika koneksi internet berstatus “tekdung” bin “ngos-ngosan”Plugin2 yang sedang aktif akan turut diperiksa untuk urusan kompatibilitasnya, apakah kompatibel dengan WordPress terbaru ato tidak, sobat bisa mengevaluasi terlebih dahulu sebelum melakukan upgrade terhadap plugin2 tersebut.
  5. Tunggu beberapa saat sampai makanan siap disajikan proses upgrade selesai. Jika sudah selesai akan muncul pemberitahuan bahwa WordPress berhasil diupgrade dan berbagai notifikasi upgrade akan menghilang dari Dashboard sampean sobat semuanya.

Mudah bukan? secara teori memang mudah, namun tak jarang blogger pemula seperti saya dibikin “keringetan” ketika melakukan upgrade WordPress ini. Yang penting adalah mengambil pelajaran dari setiap “trial n error” yang terjadi, sobat pasti bisa…

super_man super_man super_man

Comment using your Facebook

Baru ada 5 respon di tulisan “Cara mengupgrade WordPress secara otomatis

  1. wah luar biasa ini blog,untung saya nyasar kesini,jadi bnyak info baru yang bisa saya pelajari………Oh yah Gan saya minta tolong neh,tolong diliatin blog saya,saya punya blog baru,pakcekblog,tapi masih jadul gan,apalagi wordpress masih belumpaham,tolong dikomentari blog saya,kira-kira apalagi yang harus saya perbaiki,terimakasih,atas saran-saranya.

  2. Terimakasih gan, saya baru belajar buat website sedang cari2 fungsi masing2 plugin wordpress passsss banget yang kucar ada…..disini mantapgan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *