Cara Upload File ke Server Hosting

Jika dalam langkah sebelumnya kita sudah membuat database WordPress, maka sekarang kita akan meng-upload file-file WordPress ke Server Hosting. Bagaimana caranya? Sebentar… saya juga masih sedikit bingung dari mana mulainya… Seingat saya ada 2 cara untuk upload file ke server hosting. Yang pertama melalui File Manager pada cpanel hosting, dan yang kedua adalah dengan menggunakan software FTP.

Kali ini kita akan bahas cara yang pertama saja, upload file melalui File Manager pada cpanel hosting 000webhost. Untuk cara yang kedua akan dijelaskan secara terpisah pada tulisan selanjutnya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Login ke cpanel 000webhost milik anda jangan milik orang lain
  2. Anda pilih nama domain CO.CC yang sudah anda daftarkan tadi dan klik Go to CPanel
  3. Anda akan dibawa ke cpanel untuk domain yang bersangkutan, disini anda akan melihat berbagai menu cpanel domain anda. Silakan klik File Manager seperti pada gambar berikut:
  4. Anda akan dibawa pada sebuah jendela baru yang mengharuskan anda untuk login menggunakan user dan password FTP agar bisa mengakses File Manager milik anda. Jika anda lupa user dan passwordnya anda bisa klik View FTP Details di sebelah kiri File Manager cpanel tadi. (lihat gambar atas)
  5. Setelah anda berhasil login, anda akan melihat tampilan halaman seperti gambar di bawah ini :
  6. Di halaman tersebut anda akan melihat file dengan tulisan “DO NOT UPLOAD HERE“, sementara cuekin saja dulu. Klik Upload, dan anda akan melihat halaman seperti berikut :
  7. Anda dihadapkan pada dua pilihan, yang pertama anda bisa upload file satu per satu atau pilihan kedua, anda upload file dalam bentuk Archieve dengan format ZIP, TAR, TGZ, GZ. Sebaiknya anda menggunakan Archieve dalam bentuk ZIP. Klik Browse dan pilih file WordPress yang telah anda download sebelumnya dari komputer anda. (biasanya bernama latest.zip)
  8. Jika sudah, anda klik icon dengan tanda yang berwarna hijau seperti pada gambar di atas. Tunggu beberapa saat sampai anda tertidur file selesai diupload. Rentang waktu yang diperlukan sangat tergantung kepada kualitas koneksi internet yang anda gunakan.
  9. Bila proses upload selesai, akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini :
  10. Klik icon dengan tanda panah ke kiri seperti pada gambar untuk kembali ke File Manager
  11. Dan sekarang anda bisa melihat daftar file yang ada di Home File Manager nampak seperti gambar berikut. Anda bisa melihat sebuah Folder dengan nama WordPress sudah ada disana. Silakan klik Folder WordPress tersebut.
  12. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memindahkan isi folder WordPress tersebut menuju folder public_html. Caranya adalah dengan mengklik All agar semua file ditandai dengan tanda checklist dan klik Move untuk memindahkan semua file tadi. Perhatikan gambar di bawah ini :
  13. Setelah itu anda melihat halaman seperti gambar dibawah ini. Anda hanya perlu mengganti folder /wordpress menjadi folder /public_html
  14. Selanjutnya tekan button yang bertuliskan “Set all targetdirectories” seperti yang ditunjukkan pada panah nomor 2. Setelah itu tekan ikon yang berwarna hijau seperti yang ditunjukkan pada panah nomor 3 untuk memulai proses pemindahan semua file tadi.

Jika semua file tersebut berhasil dipindahkan, maka anda sudah siap untuk mulai menginstall WordPress di website / blog anda. Namun jika anda menemui kendala dengan cara upload menggunakan metode ini, silakan gunakan metode lain dengan menggunakan software FTP seperti FileZilla atau SmartFTP.

Comment using your Facebook

Baru ada 6 respon di tulisan “Cara Upload File ke Server Hosting

  1. kenapa setiap saya upload pake file zip selalu gagal?
    tidak bisa sampai ke nomor 9, checking file OK tp transfering file gagal.
    apanya yg salah ya.. mohon pencerahannya..
    klo bisa via email,

    terimakasih banyak..

  2. mau nanya ya…sy sdh punya website aktif. kmudian sy pengen updload file pdf, supya bisa di share..sy sdh coba upload di html_public nya. nah utk melihat alamatnya itu gmn ya?? thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Pingback: Cara upload file menggunakan FTP | Tutorial Blog Wordpress