Hal penting sebelum menginstall Plugin WordPress

Ngeblog tanpa plugin? gak kebayang… pasti bakal ngebosenin… Bagai sayur kurang garam, bagai hidup tanpa cobaan… heuheu gak nyambung. Intinya pasti bakal kurang seru dan kurang puas dengan blog kita jika kita biarin tetep standar. Plugin WordPress berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja dari blog kita, baik untuk urusan tampang, fasilitas / utility blog, maupun untuk urusan SEO (Search Engine Optimation) yang akan berdampak pada trafik blog itu sendiri.

Sejauh ini ada dua macem plugin yang tersedia. Ada plugin WordPress gratis, dan ada plugin WordPress yang premium. Namun untuk dapetin plugin premium WordPress, sobat kudu rogoh kocek sekian dollar – tergantung masing2 pembuat yg matok harga. Dan biasanya plugin ini punya lisensi perorangan atau club tertentu. Jadi sobat gak bisa sembarangan dapetin plugin jenis ini.

Kalo diliat dari sisi fungsi, “mungkin” plugin ini memiliki berbagai kelebihan. Intinya “more powerfull” dibanding plugin gratisan yang dikembangkan rame2.

Namun sobat gak perlu berkecil hati ampe hepatitis segala, plugin gratis juga tak kalah hebatnya dengan plugin premium. Sobat bisa liat berbagai macam plugin untuk WordPress gratis disini. Sobat bisa temuin plugin WordPress yang bejubel jumlahnya. Plugin ini bisa didownload gratis.

Hal-hal yang kudu diperhatiin sebelum sobat semuanya menginstall plugin :

  1. Selektif dalam memilih plugin. Artinya sobat semua harus tau dan paham dengan kebutuhan blog sobat sendiri. Setiap blog pasti punya kebutuhan yang berbeda2, ada yang buat bisnis, ada yang buat nyalurin hobi, ada juga yang sekedar untuk curhat. Pastikan sobat memilih hanya plugin yang sesuai dengan kebutuhan.
  2. Tidak setiap versi plugin yang tersedia untuk wordpress berstatus “Compatible“. Jadi sebaiknya sobat hanya menginstall plugin yang compatible dengan versi WordPress yang sedang sobat gunakan.
  3. Terlalu banyak menginstall plugin pada blog akan memperlambat loading time blog sobat. Dan ini bisa berakibat pengunjung pada kabur karena blog sobat lama banget loadingnya. Sebaiknya sobat membuat skala prioritas seperti pada poin nomer satu.
  4. Pelajari setiap dokumentasi plugin tersebut agar sobat tidak kebingungan dalam menginstall. Karena tidak semua plugin yang tersedia bisa bekerja secara langsung. Ada beberapa plugin yang mengharuskan sobat untuk mengedit melalui template / theme yang sedang sobat gunakan saat ini agar plugin itu bisa bekerja.
  5. Kalo perlu, sobat bisa mempelajari lebih jauh tentang plugin yang akan diinstal dengan mengunjungi situs pembuat plugin tersebut.
  6. Perlu diingat bahwa tidak setiap penyedia hosting mengijinkan sobat buat nemplokin macem2 plugin di blog sobat. Terutama plugin yang bikin berat server hosting. Sebaiknya sobat konsultasi dulu dengan penyedia hosting jika memang sobat merasa plugin tersebut dirasa berat. Sobat bisa googling dulu untuk mencari tau plugin2 apa aja yang bikin kerja server jadi berat. Jangan asal nemplokin plugin kalo gak akun hosting sobat bisa disuspend. Seperti sobat saya yang satu ini, baca aja selengkapnya >>
  7. Kalo diperlukan, monggo backup terlebih dulu database… sapa tau pluginnya error… bad_smile

Wokehlah… sementara segitu dulu, mudah2an dengan baca tulisan ini sobat bisa mencari tau apa yang terbaik buat blog sobat semuanya… ampe ketemu di tulisan selanjutnya…

Comment using your Facebook

Baru ada 6 respon di tulisan “Hal penting sebelum menginstall Plugin WordPress

  1. Selamat pagi..

    Saya punya pertanyaan.. Bagaimana cara membuat tulisan kaki seperti © 2009 – 2012 Tutorial Blog WordPress | Hak Cipta Dilindungi RT/RW Setempat di wordpress kita?

    Sebelumnya terima kasih. Semoga bisa ada pencerahan..

  2. isikan code berikut di file footer.php:

    &copy; 2009 - <?php echo date('Y'); ?> <a href="<?php bloginfo('url'); ?>" title="<?php bloginfo('name'); ?>"><?php bloginfo('name'); ?></a> | Hak Cipta Dilindungi RT/RW Setempat.
    

    silakan ganti sesuai selera

  3. Hello There. I found your weblog using msn. That is a very well
    written article. I’ll be sure to bookmark it and come back to
    read more of your useful info. Thanks for the post. I’ll certainly comeback.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  1. Pingback: Plugin terbaik untuk Wordpress | Tutorial Blog Wordpress

  2. Pingback: Cara Install Plugin Wordpress | Tutorial Blog Wordpress