Memilih domain dan hosting gratis

Mempunyai blog memang sebuah kebanggaan tersendiri, ya minimal kita gak terlalu keliatan gaptek dengan dunia internet. Orang yang gak ngerti dengan blog akan sedikit ‘tercengang’ begitu kartu nama anda tercantum URL Homepage milik anda. *segitunya* Meskipun domain dan hosting berbayar memiliki kelebihan, namun terkadang sebagai newbie alias pemula lebih menuntut yang gratisan sebagai media belajar. Tenang sajah, banyak yang bisa mengerti dan memahami keinginan anda. Yang penting anda mau untuk belajar.

Memilih domain gratis

Jarang sekali yang nyediain domain gratis dengan nama ekstensi domain yang rada pendek. Banyak yang ngasih gratis, namun panjangnya nama domain tersebut sampe bikin kita lupa dengan nama domain sendiri.

Untuk domain name yang masih masuk akal gampang diingat, sebaiknya menggunakan layanan free domain name dari CO.CC  Anda akan mendapatkan domain name gratis untuk 1 tahun, lumayan buat belajar setahun. Jika anda ingin memperpanjangnya, anda bisa upgrade ke domain berbayar dengan domain name yang sama.

Uniknya lagi, anda bisa menggunakan nama sendiri untuk domain name anda. Misalnya : namaanda.co.cc atau namasaya.co.cc. Jika anda tertarik menggunakan free domain name service ini silakan kunjungi CO.CC untuk mendapatkan domain co.cc milik anda :

CO.CC:Free Domain

Memilih hosting gratis

Setelah anda punya domain name, sekarang saatnya anda menentukan tempat hosting. Jika yang anda cari adalah free hosting, sebaiknya anda memilih layanan free hosting yang tidak terlalu minim dengan fasilitas. Yang paling penting adalah space hosting, bandwidth, uptime server..

Saya sarankan anda menggunakan fasilitas dari 000webhost.com. Anda juga sebenarnya bisa mendapatkan subdomain gratis. Namun domain name dari CO.CC tadi terlihat lebih ‘elegan dikit’ daripada menggunakan subdomain gratis dari 000webhost sendiri.

Untuk mendapatkan layanan free hosting service ini, silakan daftar di 000webhost.com. Jika sudah semuanya berarti anda telah memiliki domain name dan tempat hosting yang gratissss. Langkah selanjutnya adalah setting DNS untuk blog wordpress anda.

Comment using your Facebook

Baru satu respon di tulisan “Memilih domain dan hosting gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *