Optimasi gambar menggunakan Plugin WP Smush.it

Jika sebelumnya saya menulis tentang Optimasi Gambar menggunakan Yahoo! Smush.it™, maka sekarang kita menggunakan cara yang lebih mudah, yaitu mengoptimasi gambar menggunakan Plugin WP Smush.it. Yup, kini Smush.it sudah tersedia dalam bentuk plugin. Tentunya ini akan semakin meringankan kegiatan kita dalam mengoptimasi gambar.

Mengapa file gambar perlu dioptimasi?

Pada saat kita mengupload sebuah gambar ke sebuah halaman blog, gambar tersebut memiliki ukuran byte yang sebenarnya masih bisa diperkecil (kecuali untuk gambar yang sebelumnya sudah dioptimasi). Nah, plugin ini akan secara otomatis memperkecil ukuran byte sebuah gambar tanpa mengurangi kualitas dari gambar tersebut. Semakin kecil ukuran byte sebuah gambar, maka akan semakin cepat juga gambar tersebut tampil.

Berikut fitur-fitur yang terdapat pada Plugin WP Smush.it:

  • Stripping meta data from JPEGs
  • Optimizing JPEG compression
  • Converting certain GIFs to indexed PNGs
  • Stripping the un-used colours from indexed images

Plugin WP Smush.it ini juga menyertakan fitur Bulk Smush.it yang muncul di menu Media. Sobat bisa menggunakan fitur ini untuk mengoptimasi semua gambar yang terdapat pada postingan/artikel yang sudah dipublish ataupun yang ada di media library.

Nah, jika sobat tertarik dengan plugin yang satu ini, silakan install dan segera optimasi semua file-file gambar yang ada di halaman blog sobat. Atau jika sobat ingin mempelajari lebih lanjut tentang plugin ini, baik itu fitur maupun kompatibilitasnya, silakan kunjungi WP Smush.it di direktori plugin WordPress atau di situs developernya.

nothing   nothing_to_say   super_man

Comment using your Facebook

Baru ada 4 respon di tulisan “Optimasi gambar menggunakan Plugin WP Smush.it

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *