Pengertian SEO – Search Engine Optimization

Hadoh… dari kemaren banyak ngebahas tutorial wordpress sambil campur aduk ama istilah SEO. Heuheu… jadi mikir, emang apaan SEO? Kalo ditanya SEO saya juga masih belum bisa mengungkapkan dengan kata2 *apalagi kalo praktek ya*. Namun yang pasti SEO ntuh bertujuan untuk nyari popularitas blog di dunia maya. Kalo gak percaya ya nih buktinya saya kutip dari Wikipedia :

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Tuh pan mirip2 begitu, saya mah gak boong victory yah minimal nyerempet2 rada bener lah maksut ama tujuannya… Lalu, apa aja tuh biasa diusahain biar blog kita SEO begete? Halah.. makin puyeng pala saya.. Gimana mo ngejelasin kalo blog ini aja masih jauh dari SEO hihihi… tapi ya namanya juga belajar kelompok, gak ada salahnya kalo kita tukeran ide ya..

Secara garis besarnya, para webmaster mengoptimalkan web / blog mereka dengan melakukan optimasi pada poin2 sebagai berikut :

  1. Domain Name : mempunyai domain name yang bagus dan sesuai dengan tema website. Kalo domain namenya cocok ama tema website, wah bagus banget tuh poin SEOnya. Yang penting jangan maksa cocok ampe punya domain yang panjangnya ampe berkilo2 meter, pan kebangetan itu mah, bisa2 Search Engine kayak Google aja lupa nama domain sobat…
  2. Nice Artikel : bukan Nike Ardila ya, maksutnya nice artikel disini adalah artikel murni hasil mikir sendiri, bukan artikel yang copas (copy paste) sana sini. Konon jika blog kita berisi artikel murni, maka akan mudah diindex sama mesin pencari. Andai mesin pencari bisa ngomong “Ogah ah, gua udah punya artikel yang sama kayak elo” – itu andai kata artikel kita hasil copas dari blog orang laen.
  3. Keywords : Keyword merupakan kata kunci, inilah yang paling banyak digunakan buat ngejaring visitor dari search engine. Sebabnya, mesin pencari juga menampilkan hasil pencariannya berdasarkan kata kunci yang digunakan pengunjung, kalo cocok ya blog kita muncul… tapi gak tau munculnya di halaman berapa. Faktor lain juga banyak mempengaruhi. Keyword ini bisa diterapkan di nama domain, titel blog, meta tag, judul artikel, artikel, kategori, tag maupun pada gambar yang ada dalam artikel.
  4. Link Building : Bukan bangunan link, tapi link building – bingung kan? lah intinya mah membangun popularitas melalui link – gitu aja. Bisa dengan bertukar link dengan blog sobat yang lain, entah itu dengan saling mereview ato cuma sekedar nampang di blogroll. Ato juga dengan cara blogwalking dan berkomentar pada blog orang laen. Nyepam adalah salah satunya, tapi sangat tidak dianjurkan kalo sobat gak pengen populer dengan julukan Spammer. Makin banyak link yang menuju ke blog kita, wah makin mantep tuh posisi di Search Engine.
  5. SEO Friendly Permalinks : Nah, poin yang ini sering luput dari para webmaster. Banyak webmaster yang hanya fokus pada optimasi keywords dan link building. Permalink merupakan sebuah struktur URL yang merujuk kepada sebuah file / halaman tertentu di internet, dalam hal ini di halaman blog kita. Search Engine lebih senang dengan struktur permalink yang pendek namun berisi keywords daripada permalink yang panjang tapi gak jelas keywordnya.
  6. SEO Friendly Themes : Hah… nanaonan deui wae etah… Jangan sepelekan masalah themes yang sedang sobat gunakan saat ini. Jika struktur themes acak2an, niscaya search engine juga bakal “lieur” ngebaca blog kita. So… sobat bisa cari tau struktur themes yang SEO friendly seperti apa dengan cara Googling, Yahooing, ato Binging – terserah asal jangan Pusing…
  7. Stabilitas Server : Ini sangat penting, karena dunia maya buka selama 24 jam / 7 hari selama 365 hari, maka itu artinya blog kita kudu ditaro di tempat hosting yang stabil. Bayangin aja kalo servernya sering down, otobemo blog kita gak bakal bisa diakses pas server lagi down. Walhasil ya pengunjung pada kabur ke blog laen. Usahain cari tempat hosting yang reputable, silakan baca disini.
  8. Advertising : Ini adalah langkah pamungkas bermain dengan SEO. Menggunakan teknik beriklan untuk mendatangkan visitor. Bisa dengan iklan baris, bisa juga dengan banner. Bisa yang gratis, bisa juga yang bayar. Terserah sobat sajah mau menggunakan metode iklan yang seperti apa.
  9. Udah ah mau makan dulu laper berat neh victory

Comment using your Facebook

Baru ada 11 respon di tulisan “Pengertian SEO – Search Engine Optimization

  1. mantap :) Singkat, padat, jelas, berisi dan bisa dipahami. Semoga dilanjut dengan cara optimasinya masih2 point di atas secara detil. Maklum lagi belajar seo neh. Seo saya terseok-seok Kang :)
    Tertarik dengan stabilitas server, serasa diingatkan :)
    Trims.
    Salam hangat selalu :)

  2. wagh ,,, bermanfaat banget gan,, untuk artikel kaya gini sangan bermanfaat banget bagi pemula seperti saya.
    kalau mau pv sharing di mana ya gan??
    perasaan saya dari pertama buat blog, blm dapet tempat unruk sharing,, hehe
    makasih gan :)

  3. I don’t even know how I sgopped up here, but I thought tis put up
    was once good. I don’trecognize who youu are however definitely
    you’re going to a well-known blogger if you happen to aren’t already.
    Cheers!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *