WordPress dalam Bahasa Lokal

Wordpress LanguagesMengatasi suasana “suntuk” dalam acara ngeblog bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa pergi keluar untuk sekedar “udud” ato sambil menikmati secangkir kopi. Mendandani tampilan blog sobat juga bisa sedikit mengobati rasa suntuk, salah satunya adalah mengganti bahasa WordPress ke dalam bahasa lokal.

Mungkin kita terbiasa melihat WordPress dalam bahasa Inggris, sehingga ketika kita menginstall pun menggunakan bahasa Inggris. Lalu bagaimana menggantinya? Ada dua cara untuk mengganti bahasa WordPress. Namun sebelum menerapkan salah satu cara berikut, pastikan bahasa yang diinginkan berada di daftar bahasa yang didukung. Untuk melihatnya, sobat bisa mengunjungi WordPress in Your Language

Cara pertama

Mengubah Language Attribute dengan mengedit file wp-config.php,  caranya adalah sebagai berikut :

  1. Temukan code berikut : define('WPLANG', '');
  2. Ubah menjadi: define('WPLANG', 'su_ID');

Dengan menyisipkan su_ID berarti sobat akan menggunakan WordPress dengan bahasa Sunda. Namun jika ingin menggunakan bahasa Jawa, sobat harus mengubah su_ID menjadi jv_ID sehingga menjadi define('WPLANG', 'jv_ID');

Begitu juga jika sobat ingin menggunakan bahasa Jerman, tinggal ubah menjadi define('WPLANG', 'de_DE'); ato misalnya ingin menggunakan bahasa Indonesia tinggal ubah menjadi define('WPLANG', 'id_ID'); yang penting bahasa yang mau diinstal didukung.

Jika kebetulan bahasa lokal yang hendak diinstal sudah mendukung versi WordPress yang sedang digunakan, maka langkah selanjutnya tinggal menuju dashboard dan klik menu Dashboard » Updates dan akan muncul tulisan seperti berikut:

However, if you want to re-install version 3.3.1–id_ID, you can do so automatically or download the package and re-install manually

Sobat tinggal klik Re-Install Now dan dalam sekejap WordPress sobat berubah menjadi bahasa yang diinginkan. Namun jika versi bahasa lokal belum mendukung untuk versi WordPress yang digunakan , berarti sobat harus melanjutkan ke cara kedua berikut.

Cara Kedua

Setelah mengubah Language Attribute seperti pada langkah pertama, yang harus sobat lakukan selanjutnya adalah mendownload file bahasa yang diinginkan melalui direktori wordpress-i18n. File yang hendak didownload berada pada folder tags/versi../messages/.

Dalam folder tags/ tersebut terdapat beberapa versi bahasa sesuai dengan versi WordPress. Misal jika sobat sedang menggunakan WordPress versi 3.3.1, maka yang harus didownload juga sebaiknya versi bahasa 3.3.1. Jika tidak menemukan versi bahasa yang cocok, pastikan sobat menggunakan versi bahasa yang paling mendekati dengan versi WordPress yang sedang digunakan.

Jika sobat menggunakan versi bahasa yang tidak sama dengan versi WordPress, ada kemungkinan beberapa menu yang tidak akan ditranslate ke dalam bahasa lokal. Namun gak perlu khawatir karena hal ini tidak berpengaruh terhadap kinerja blog sobat.

Yang perlu sobat download adalah sebuah file dengan extensi .mo, misalnya su_ID.mo, atau jv_ID.mo, tergantung dengan bahasa yang sobat inginkan seperti di awal.

Setelah didownload, buatlah sebuah direktori/folder baru di folder /wp-content atau /wp-includes (pilih salah satunya) dan beri nama languages, sehingga nantinya menjadi /wp-content/languages atau /wp-includes/languages

Setelah itu upload file .mo yang telah didownload tadi ke folder languages tersebut, dan refresh dashboard blog sobat. Seharusnya tampilan dashboard sobat sudah menggunakan bahasa yang sesuai.

wordpress bahasa jawa

Selesai sudah sobat mengubah bahasa WordPress, bagaimana jika sobat juga ingin menerjemahkan bahasa yang digunakan pada theme atau template yang sedang digunakan? Silakan subscribe melalui email agar tidak ketinggalan…

scorn   nothing   horror

Comment using your Facebook

Baru ada 4 respon di tulisan “WordPress dalam Bahasa Lokal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *